});

Sunday, November 26, 2017

KeIndahan Pantai Nongsa Batam Kepulauan Riau, Indonesia

KeIndahan Pantai Nongsa Batam Kepulauan Riau, Indonesia

pantai nongsa


Batam memang dikenal sebagai kota industri, namun tempat wisata menarik juga banyak terdapat di sana. Salah satu tempat menarik yang ada di Batam yaitu Pantai Nongsa. Pantai Nongsa berada di bagian timur laut Pulau Batam, tepatnya di Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Nama pantai ini memang sama dengan nama kecamatannya. Sedangkan nama Nongsa sendiri diambil dari nama seorang tokoh Melayu yang pertama kali mengembangkan wilayah pesisir ini. Dahulunya kawasan ini memang hanya lahan kosong yang dipenuhi oleh semak belukar, namun berkat tangan dingin tokoh Melayu tersebut kawasan ini kini berubah menjadi kawasan wisata yang sangat potensial dan berhasil membuat para investor membangun aneka resor di sekitarnya.

Pantai Nongsa atau yang lebih dikenal dengan nama Nongsa Tua oleh penduduk sekitar merupakan pantai yang cantik dengan ombak tenang dan hamparan pasir putih. Menariknya, Pantai Nongsa ini sangat dekat dengan pesisir pantai Singapura bagian selatan, bahkan saking dekatnya hanya perlu waktu setengah jam menggunakan perahu motor untuk pergi ke pantai selatan Singapura. Karena jaraknya yang dekat, saat malam hari ketika berada di Pantai Nongsa, Anda bisa menikmati pemandangan kota Singapura yang sangat indah berhias sinar lampu. Bukan hanya itu saja, pantai ini menghadap ke barat laut sehingga sangat sempurna untuk menikmati sunset. Pantai Nongsa juga mempunyai pemandangan bawah laut yang tak kalah indah. Anda bisa mencoba snorkeling untuk menikmatinya. Di sekitar pantai juga terdapat kampung Melayu tradisional yang bisa Anda kunjungi.


Pantai Nongsa memang telah dibangun sedemikian rupa oleh pemerintah dan investor untuk menjadi kawasan wisata andalan. Oleh karena itu banyak fasilitas yang bisa Anda temukan di sini, mulai dari hotel dengan bermacam harga, resor berkelas internasional serta berbagai lapangan golf. Aneka macam rumah makan dan restoran dengan hidangan seafood sebagai masakan andalan juga bisa Anda temukan di sini. Tertarik dengan oleh-oleh khas dan cenderamata, jangan lewatkan berbelanja di pusat souvenir Pantai Nongsa.



Dari pantai ini, pesisir pantai Singapura bagian selatan bisa dicapai hanya dengan setengah jam berperahu motor. Dekatnya jarak ini menyebabkan masyarakat desa di sana pada tahun 1970an hingga 1980an lebih mengenal mata uang dolar Singapura atau ringgit Malaysia ketimbang rupiah.

Pada periode itu, para nelayan di wilayah Nongsa menjual ikannya, seperti ikan kerapu, selar, dan ikan-ikan karang lainnya langsung ke Singapura. Selain menjual ikan, mereka juga biasa menjajakan kayu dari hutan-hutan di Pulau Batam yang kala itu wajah pulau ini masih berupa hutan bakau yang menjadi habitat berang-berang, berbagai burung rawa, serta elang laut putih.


Kini, Pantai Nongsa Tua telah menjelma sebagai kawasan rekreasi yang prestisius.Tempat ini juga merupakan sebuah kawasan yang selalu diperebutkan oleh para investor untuk membangun resort.Tak jarang penduduk lokal hanya bisa melihat resort eksklusif yang tak terjangkau harganya.


Sebagai masyarakat nelayan yang menjadikan laut sebagai penopang hidupnya, penduduk lokal kini tidak lagi bisa bebas berlayar. Pengelola resort kerap melarang mereka membangun bagang di sekitar pantai karena dianggap membahayakan kapal-kapal pesiar atau kapal wisata yang akan berlabuh di salah satu resort yang ada.



 Keistimewaan Pantai Nongsa
pantai nongsa


Biasanya orang mengungkapkan kekagumannya, kesannya, pada pantai yang dikunjungi tidak jauh dari apa yang dimilik pantai itu. Misalnya hal-hal lumrah seperti kondisi air pantai yang tenang atau berombak besar, warna air lautnya, pasirnya yang putih, terumbu karang sebagai rumah ribuan biota laut, dan seterusnya.Restauran pantai nongsa Restauran pantai nongsa Dari semua itu, Pantai Nongsa punya hal lain dan unik yang tidak banyak dimiliki sebagian besar pantai di Indonesia, yakni pemandangan kota Singapura pada malam hari.


Pantai ini menghadap ke barat laut, karena itu Anda akan disuguhi pemandangan matahari terbenam yang memukau di kala senja. Saat senja, pudarnya mega di ufuk barat mengiringi kepergian sang surya, sementara di sebelah utara Anda akan menyaksikan gemerlap lampu-lampu gedung di Singapura mulai menyala mengganti peran matahari. Singapura malam hari menampilkan kerlap-kerlip dan kilau ribuan lampu kota megapolitan a la New York khas Asia Tenggara, di mana tampak gedung-gedung hunian dan perkantoran pencakar langit masa kini. Moment ini jangan pernah terlewat bila mengunjungi Pantai Nongsa.


Lebih dari itu, mengunjungi Pantai Nongsa akan terasa natural karena lingkungannya terjaga dengan baik. Bagi pengunjung yang ingin berenang disekitar lautnya, maupun ber-snorkeling menyaksikan panorama bawah laut,ada baiknya lebih berhati-hati karena di tempat ini belum ada penjaga pantai yang memantau wisatawan.Terutama bagi para orang tua yang membawa putra-putrinya untuk bermain air.


Selain keindahan pantai dan laut, serta nuansa metropolis Singapura yang dapat Anda nikmati sepuasnya, ada baiknya Anda mengunjungi masyarakat lokal di kawasan ini yang sebagian besar merupakan warga asli Melayu. Di sini, Anda dapat mengunjungi permukiman penduduk yang terdapat di sepanjang pesisir pantai di Teluk Tering, yakni Kampung Batu Besar dan Kampung Nongsa.


Mayoritas dari mereka bermata pencaharian sebagai nelayan, sebagian yang lain berprofesi sebagai pedagang di kawasan sekitar pantai. Menyaksikan dan mengikuti aktivitas keseharian mereka yang barangkali berbeda jauh dari kehidupan rutin Anda, tentunya merupakan sebuah pengalaman yang mengasyikkan.


Kawasan ini makin istimewa karena wisatawan mudah menjangkau tempat wisata unggulan lainnya di Provinsi Kepulauan Riau, seperti Pantai Sekilak. dan Pantai Maimun yang juga tidak kalah cantiknya dengan Pantai Nongsa, Pulau Penyengat, Pulau Lingga, Jembatan Barelang, Kamp Pengungsian Vietnam di Pulau Galang, serta pusat-pusat perbelanjaan di Kota Batam, seperti kawasan Nagoya yang hanya memerlukan waktu 20 menit perjalanan.



Lokasi Pantai Nongsa

pantai nongsa

Pantai nongsa sepanjang 1,3 km ini diapit oleh beberapa resort wisata bertaraf international. Di sebelah timur, dibelah oleh sungai nongsa, terdapat resort Nongsa Point Marina dan Turi Beach. Sedangkan di sebalah barat berbatasan dengan Palm Spring, sebuah golf course dan resort. Resort-resort wisata tersebut target market-nya tak lain adalah para pelancong dari negeri seberang dan manca negara.


Sementara pantai nongsa yang bersahaja ini masih semata-mata mengharapkan limpahan berkah dari para pelancong lokal yang hanya ramai saat akhir pekan. Pantai ini menjadi tujuan objek wisata bagi wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara yang datang ke sana sekedar untuk menikmati liburan ataupun menikmati keindahan alamnya. Para pelancong dapat menyaksikan pemandangan matahari terbenam di pantai ini.


Dan pada malam hari, anda akan disuguhkan dengan pemandangan lampu-lampu gemerlap gedung-gedung pencakar langit yang terpancar dari negara tetangga kita, Singapura. Kawasan wisata pantai ini terletak di Kelurahan Sambau, Kecamatan Batam Timur, Kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia.


Untuk sampai di Pantai Nongsa, wisatawan dapat menggunakan taksi yang berada di sekitar Kota Batam. Dengan taksi, wisatawan membutuhkan waktu lebih-kurang 40 menit pusat Kota Batam. Jalan dari arah pusat kota menuju airport & nongsa Jalan dari arah pusat kota menuju airport & nongsa


Bila dari Bandara Hang Nadim, Kota Batam, kurang lebih akan memakan waktu 25 menit dengan mobil atau sepeda motor sewaan. Untuk menuju Pantai Nongsa dari bandar udara ini, pengunjung disarankan melalui Jalan Hang Tuah ke arah timur, hingga bertemu pertigaan jalan Simpang tiga batu besar.


Selain itu, bagi wisatawan yang tengah berada di Singapura, dapat menggunakan kapal ferry dari pelabuhan Tanah Merah, Singapura. Kapal ferry ini akan berlabuh di Terminal Ferry Nongsa.



Fasilitas Lainnya Pantai Nongsa

pantai nongsa


Pantai Nongsa secara sengaja telah disiapkan oleh Pemerintah Otorita Batam sebagai kawasan wisata yang representatif bagi siapa saja yang mengunjunginya. Karena itu, Anda tidak akan kesulitan menemukan hotel dengan berbagai kelas,pusat-pusat lapangan golf, resort berkelas internasional, persewaan perlengakapan olahraga air, kemudahan mengakses transportasi umum (taksi), rumah sakit, ATM (anjungan tunai mandiri), toilet, dan lain sebagainya.


Selain itu, jangan pernah lewatkan menyantap makanan khas laut Kepulauan Riau di restoran-restoran sea food di Batu Besar, Nongsa. Rumah makan di Batu Besar ini, biasanya dijadikan rujukan wisatawan yang mengunjungi Pantai Nongsa. Begitu juga dengan keberadaan kedai-kedai yang menjajakan kelapa muda dan minuman menyegarkan lainnya.


Aktivitas wisata Anda akan semakin komplit ketika singgah di pusat kerajinan tangan yang ada di sekitar Pantai Nongsa. Di sini, beragam cenderamata khas Melayu Kepulauan Riau dapat dibeli untuk  oleh-oleh pribadi, kerabat, maupun kolega anda.


terima kasih semoga anda senang berkunjung ke pantai Nongsa Batam.         

No comments:

Post a Comment