});

Friday, December 15, 2017

WISATA GUNUNG BROMO

TEMPAT WISATA  GUNUNG BROMO JAWA TIMUR INDONESIA

gunung bromo

telusurdunia.ga. siapa yang tidak kenal dengan gunung bromo yang terdapat di jawa timur. Gunung Bromo merupakan gunung yang masih aktif yang berada di kabupaten lumajang,malang ,probolinggo dan pasuruan. Gunung ini mempunya ketinggian sekitar 2393 meter diatas permukaan laut. Gunung Bromo ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Wisata Gunung Bromo memiliki terkenal dengan sunrisenya yang memukau serta sebuah danau kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.Hal ini lah yang menarik dari obyek wisata gunung bromo karena ketika berwisata ke lokasi gunung bromo kita tidak hanya menikmati keindahan gunung saja namun kita mendapatkan keindahan alam yang istimewa disekitar kawasan wisata bromo tersebut.

SEJARAH GUNUNG BROMO

Sejarah gunung Bromo tidak pernah lepas dengan cerita legenda dari Joko Seger dan Roro Anteng, cerita ini berkembang turun - temurun sampai sekarang. konon legenda ini merupakan legenda terbentuknya kawah gunung Bromo, gunung Batok dan lautan pasir yang ada di sekitar kaldera Bromo, sejarah singkatnya adalah sebagai berikut.

Pada jaman dahulu, disaat kerajaan Majapahit mengalami gejolak karena adanya banyak serangan yang mengancam kerajaan, penduduk majapahit kebingungan untuk mencari tempat yang aman. ditengah jalan akhirnya mereka berpencar menjadi dua kelompok, yang satu ke penggunungan disekitar Bromo dengan pemimpin rombongan adalah Raja dan Permaisuri dan yang satunya ke Pulau Bali.

Setelah beberapa dekade penduduk yang tinggal di kawasan Bromo mulai bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan, sampai akhirnya lahirlah seorang bayi dari pasangan Raja dan Permaisuri yang diberi nama Roro Anteng. dan tak jauh dari tempat sang Raja dan Permaisuri tinggal juga lahir seorang bayi laki - laki dari keturunan Brahmana yang diberi nama Joko Seger.

Setelah mereka tumbuh dewasa, kedua anak tadi saling jatuh cinta, tetapi dalam perjalanan kisah cinta mereka ada seorang raksasa yang mencoba untuk memisahkan mereka berdua, dengan cara melamar Roro Anteng dengan cara paksa, tetapi Roro Anteng tidak bersedia dan menolak dengan cara halus, yaitu dengan meminta syarat untuk membuatkan sebuah danau di atas Gunung Bromo dengan waktu hanya satu malam. Syarat tadi diterima dan pada proses pengerjaan danau tersebut sudah hampir selesai, Raksasa tadi digagalkan dengan tipu muslihat Roro Anteng. Raksasa tadi mengamuk dan melemparkan batok kelapa yang digunakan untuk menggalih danau tadi. dan konon batok kelapa tadi membesar sehingga membentuk gunung Batok, sementara danau tadi berubah menjadi sebuah kawah gunung.
Inilah  legenda singkat mengenai asal muasal terbentuknya Gunung Bromo yang merupakan icon wisata di Jawa Timur dan sekitar nya.

KEGIATAN YANG BISA DI LAKUKAN DI GUNUNG BROMO

bromo
Destinasi wisata yang ada di gunung Bromo kebanyakan adalah wisata alam pegunungan, ada beberapa tempat wisata yang akan membuat Anda terpesona dengan keindahan alam Bromo, bisanya para wisatawan yang datang untuk berwisata ke gunung Bromo akan memulai tour mereka pada malam dini hari sekitar pukul 03.00 WIB dengan menggunakan sarana transportasi Jeep Hardtop atau Motor. kenapa demikian ? karena apabila Anda memulai tour pada jam - jam itu, Anda akan dapat menyaksikan keindahan Sun Rise dari puncak bukit. adapun tempat dan kegiatan yang bisa dilakukan di tempat wisata di Jawa Timur ini adalah sebagai berikut :
- View Point
- Kawah Gunung Bromo
- Padang Savana
- Lautan Pasir

RUTE PERJALANAN KE GUNUNG BROMO

bromo
Berikut ini beberapa rute menuju gung bromo yaitu :
- jalur ke bromo dari kabupaten probolinggo
- jalur ke bromo dari kab malang
- jalur ke bromo dari kabupaten pasuruan
- jalur ke bromo dari kabupaten lumajang

TIKET MASUK KE GUNUNG BROMO

Harga tiket masuk untuk hari biasa adalah Rp 27.000 per orang.
Harga tiket hari biasa untuk pengunjung mancanegara di kenakan tarif Rp 217.000 per orang.
Harga tiket masuk untuk hari weekend adalah Rp 32.500 per orang.
Harga tiket hari weekend untuk pengunjung mancanegara dikenakan tarif Rp 317.500 per orang.




“TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT BAGI PARA TELUSUR DUNIA”



No comments:

Post a Comment